Gagas Energi Pasok Gaslink Buat PT Garam!

Subholding Gas Pertamina melalui afiliasinya PT Gagas Energi Indonesia (Gagas) ikut mendukung kedaulatan garam nasional melalui penyaluran Gaslink ke salah satu unit produksi milik PT Garam di Manyar, Gresik.

Area Head Surabaya PT PGN Tbk Arif Nurachman mengatakan, Indonesia tercatat sebagai salah satu negara dengan garis pantai terpanjang di dunia.

Walaupun tidak seluruh garis pantai yang ada dapat digunakan sebagai lahan untuk memproduksi garam, tetapi produksi garam dalam negeri masih dapat ditingkatkan salah satunya melalui proses produksi yang lebih efisien dengan memanfaatkan gas bumi sebagai bahan bakar rotary dryer. Cara ini akan memangkas waktu produksi sekitar 15 persen, dibandingkan dengan proses pengeringan garam secara manual.

Baca Juga :
Jual Saldo Paypal
Jual Beli Saldo Paypal
Saldo Paypal Terpercaya

“Gas bumi dapat menjadi bahan bakar mesin pengeringan garam, kami menjadikannya sebagai market yang bagus. Maka PGN dan Gagas sebagai Subholding Gas Group terus bersinergi untuk dapat melayani produsen garam lebih luas lagi, sehingga dapat meningkatkan volume distribusi gas bumi ke pelanggan lewat produk GasLink di berbagai segmen,” kata Arif, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (28/10/2022).

Gaslink merupakan produk gas bumi PGN yang dikompresi atau biasa disebut Compresed Natural Gas (CNG) dimana dapat disalurkan menggunakan moda distribusi non pipa. GasLink akan digunakan oleh PT Garam sebagai bahan bakar dalam proses pengeringan garam, sehingga garam yang dihasilkan akan lebih sempurna.

Baca juga :
Jasa Pbn Premium
Jasa Pbn Berkualitas
Jasa Pbn

Dalam proses pengeringan tersebut, PT Garam akan membutuhkan bahan bakar gas sekitar 40 ribu M³ per bulannya. Penyediaan Gaslink akan dipasok oleh Gagas dengan mengandalkan sumber pasokan gas dari SPBG Ngagel, Surabaya.

Gaslink akan dikirimkan menggunakan Gas Transport Module (GTM”l) atau truk berisi gas bumi CNG dengan total kapasitas truk mencapai 1.000 m³.

Be the first to reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *