Tarif 3 Ruas Tol Ini Bakal Naik, Termasuk Jalan Tol Tangerang-Merak!

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah melakukan amandemen dari perjanjian pengusahaan jalan tol (PPJT). Hasilnya, tiga ruas tol akan mengalami kenaikan tarif tol dalam waktu dekat.

Kepala BPJT Kementerian PUPR, Danang Parikesit mengatakan, pihaknya pada Jumat (7/10) atau hingga hari ini telah melakukan amandemen untuk 5 ruas tol.

“Tadi yang amandemen ada 5 ruas. Itu amandemen untuk PPJT, yang itu jadi dasar untuk diprosesnya penyesuaian tarif tol,” ujar Danang di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Jumat (7/10).

Menurut catatan BPJT, kelima ruas yang telah dilakukan amandemen PPJT antara lain Jalan Tol Pandaan-Malang, Tol Kanci-Pejagan, Tol Pondok Aren-Serpong (Tol BSD), Tol Tangerang-Merak, dan Tol Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu.

Baca Juga :
Jual Saldo Paypal
Jual Beli Saldo Paypal
Saldo Paypal Terpercaya

Namun, yang mengalami penyesuaian atau kenaikan tarif tol hanya Jalan Tol Pandaan-Malang, Tol Kanci-Pejagan, dan Tol Tangerang-Merak. Ketiga tol ini dikabarkan mengalami kenaikan tarif dalam waktu dekat, sembari menunggu persetujuan dari Menteri PUPR.

Tol BSD Tak Naik karena Banjir

Sementara Tol BSD dilakukan masa perpanjangan konsesi dari sebelumnya 2 tahun karena adanya proyek penanganan banjir. Sedangkan Tol Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu dilakukan amandemen terkait pengelolaan Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau rest area, serta pengaturan ruang milik jalan (rumija).

“Pengelolaan TIP kan sekarang hanya satu pintu melalui BUJT (badan usaha jalan tol). Jadi kita tidak melayani investor yang langsung ke kita, silakan B2B arrangement dengan BUJT,” terang Danang.

Baca juga :
Jasa Pbn Premium
Jasa Pbn Berkualitas
Jasa Pbn

“Kedua rumija tol. Kita kan ada pengaturan masalah ruang konsesi dan pengelolaan BMN. Itu kemudian digabungkan dalam PPJT yang baru ini. Itu akan menentukan business plan dari BUJT. Nanti pasti ujungnya akan ke penyesuaian tarif juga,” tandasnya.

Be the first to reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *