Terima Perintah Jokowi, Mendag Akui Siapkan Tiga Strategi Naikkan Harga TBS Sawit!

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Mendag Zulhas) mengaku mendapat perintah dari Presiden Joko Widodo untuk menaikkan harga tandan buah segar (TBS).

Untuk menerapkan kebijakan tersebut, pihaknya telah menyiapkan tiga langkah untuk menaikkan harga tandan buah segar (TBS) di atas Rp 2.000/kg.

Langkah pertama, Ketua Umum Partai PAN itu melepas pajak ekspor minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) kepada produsen.

Baca Juga :
Jual Saldo Paypal
Jual Beli Saldo Paypal
Saldo Paypal Terpercaya

“Kalau CPO juga dikirim ke luar negeri, pajak ekspor BPDPKS sebesar US$200 akan dibatalkan, sudah kami batalkan,” katanya usai meninjau pasar Cibinong, Jumat (22/7/2022).

Kemudian, lanjut Mendag Zulhas, pihaknya juga mempersingkat waktu dasar penghitungan atau penetapan target harga ekspor/HPE dari bulanan menjadi dua mingguan.

“Lalu mati tiga pengali, kemarin DMO 1×5, sekarang 1x20x7, jadi 1.000 ton di dalam negeri bisa ekspor 8.400 ton, itu cepat 1×9,” katanya dalam wawancara dengan awak media.

Mendag Zulhas juga mengumumkan bahwa produsen masih memiliki banyak CPO. Inilah alasan utama rendahnya harga TBS.

Baca juga :
Jasa Pbn Premium
Jasa Pbn Berkualitas
Jasa Pbn

Sampai saat ini saya verifikasi stok di tangki tinggal 7 juta, jelas itu sebabnya harga TBS tidak bisa naik karena tangki tidak kosong,” pungkasnya.

Be the first to reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.